Sunday, December 18, 2011

TIPS MEMILIH DAN MENGGUNAKAN FOUNDATION

FOUNDATION wajah bisa membuat tampilan Anda menjadi lebih sempurna atau justru sebaliknya, membuat wajah tampak lebih amburadul. Foundation pada dasarnya bisa digunakan untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit wajah, misalnya bekas luka, bekas jerawat, daerah dengan pigmen berbeda, sampai menyamarkan gelap di kantung mata bawah, setelah menggunakan eye concealer


Ada tiga kesalahan yang sering kita lakukan saat menggunakan foundation. Pertama memilih warna foundation yang jauh lebih putih (tidak sesuai warna kulit), memilih foundation yang tidak sesuai dengan jenis kulit, terakhir salah menerapkan, hingga saat terkena keringat justru memunculkan pori-pori dengan warna tidak merata. Orang Jawa bilang: wajah jadi belang blonteng.

Tips
Bagaimana cara agar penggunaan foundation wajah bisa lebih sempurna? Berikut ada beberapa tips dari berbagai sumber.


1. Perhatikan tipe kulit: Situs targetwomen.com menyebutkan, jika kulit Anda berminyak, pilih foundation yang bebas minyak atau memiliki fungsi mengontrol minyak di wajah. Jika kulit Anda kering, pilih foundation yang mengandung pelembab. Bagaimana jika kulit Anda kombinasi? Pilihlah foundation jenis bubuk.

2. Pilih warna foundation sesuai warna kulit: Pilih foundation yang dekat dengan warna kulit. Perhatikan seluruh kulit wajah dan bagian leher. Untuk memilih foundation, bandingkan dengan warna kulit dibagian dagu dan bawahnya. Ini cara yang paling tepat untuk memilih warna foundation yang sesuai dengan kulit. Warna foundation yang jauh lebih putih akan mengacaukan penampilan. Perhatikan pula daerah garis rambut, jangan sampai memunculkan warna berbeda karena penggunaan yang tidak merata.

3. Aplikasi foundation: Terapkan titik-titik dasar pada pipi, dahi, dahi, dan ujung hidung. Ratakan dengan spon atau pun ujung tangan. Satu hal yang perlu diingat, usap sesuai dengan arah bulu di wajah Anda. Tips ini diberikan oleh Nadia, pendiri marketing online pertama di Oriflame, saat melakukan beauty demo. Pertanyaannya, mengapa? Sebab jika usapan berlawanan dengan arah bulu wajah, bila terkena panas, foundation akan terlihat tidak merata menutup pori-pori.

Sekarang, mari kita melangkah mengenali berbagai jenis foundation.

1. Foundation Cair
Foundation ini dikenal paling fleksibel dan mudah digunakan. Tersedia dalam formula berbasis air dan berbasis minyak, pilih sesuai kebutuhan atau jenis kulit Anda. Foundation berbasis air lebih mudah berbaur dan merata ke seluruh wajah. Formulanya ringan, mengandung sedikut minyak silicon yang memberi efek mengenyalkan. Foundation berbasis minyak akan sempurna menutupi kulit mulus dengan efek sedikit kilau. Foundation jenis ini akan baik digunakan oleh pemilik wajah kering atau sudah tampak kerutan.


2. Foundation Krim
Foundation ini ideal untuk kulit kering. Jenis ini bersifat lebih berat dan mengandung pelembab intens. Perempuan berkulot normal, cenderung kering, dan kering bisa memilih foundation jenis ini.


3. Foundation bubuk
Foundation jenis ini baik digunakan untuk kulit kombinasi. Ringan, bubuknya bisa meluncur dengan mudah di wajah.


4. Foundation stik
Sidatnya solid dan memiliki efek pengeringan yang lebih besar. Foundation ini cocok untuk kulit berminyak. Bentuk padatnya baik untuk menutupi bekas luka dan jerawat. Sangat baik untuk digunakan sebagai dasar riasan cenderung berat hingga berat, misalnya untuk sesi pemotretan atau acara-acara khusus.


5. Foundation Waterproof
Udara panas, udara lembab, membuat kondisi kulit perlu penanganan berbeda. Untuk foundation, pilihlah jenis waterproof. Formulanya membantu mempertahankan pemerataan foundation atau membuat lebih tahan lama, meski berkeringat. Ini penting diperhatikan, jangan sampai wajah Anda justru tidak karuan karena foundation luntur hingga menyebabkan penggumpalan dan perbedaan warna di kulit.


6. Foundation Mineral
Sesuai namanya, mengandung mineral tinggi, cocok untuk semua jenis kulit. Cocok untuk menutupi jerawat, bisa digunakan dengan spon kering mau pun basah. Biasanya, foundation jenis ini sudah mengandung tabir surya. Kandungan mineralnya akan membuat wajah lebih segar.


7. Foundation Semprot
Ini merupakan dasar foundation obat yang cocok untuk kulit berjerawat. Foundation jenis ini bisa digunakan untuk mempertahankan dasar tat arias selama berjam-jam. Ada dapatr mengulang penyemprotan untuk me-refresh. Jenis foundation ini juga tersedia dalam beberapa tone warna kulit.


Nah, apa pilihan foundation yang tepat untuk jenis kulit Anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home